Hujan Lebat Ancam Banten di Malam Tahun Baru, BBMKG Wilayah II Imbau Masyarakat Waspada

hujan

LIDIK BANTEN
- Malam pergantian tahun baru 2023-2024 di Banten diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Hal ini disampaikan oleh Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II yang berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan.

Kepala BBMKG Wilayah II, Hartanto, mengatakan bahwa kondisi cuaca dan iklim di Banten dipengaruhi oleh beberapa fenomena atmosfer yang meningkatkan potensi curah hujan. “Masyarakat Banten diminta mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat,” ujarnya, Minggu (31/12/2023).

Beberapa fenomena atmosfer yang dimaksud antara lain adalah konfluensi angin di Samudera Hindia barat daya Banten dan Laut Jawa, Gelombang Equatorial Rossby (ER) yang aktif di sebagian Pulau Jawa, anomali positif Suhu Muka Laut di Selat Sunda dan Laut Jawa, Fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang akan masuk ke Indonesia bagian Barat, dan labilitas lokal yang kuat di Banten.

Hartanto menjelaskan bahwa berdasarkan analisis dinamika atmosfer, ada beberapa wilayah di Banten yang perlu diwaspadai untuk potensi hujan lebat, yaitu:

  • 31 Desember 2023: Kabupaten Lebak bagian Timur dan Selatan, Kabupaten Pandeglang bagian Barat dan Utara.
  • 1 Januari 2024: Kabupaten Lebak bagian Timur, Kabupaten Pandeglang bagian Barat, Kabupaten Serang bagian Utara, Kabupaten Tangerang bagian Utara.
  • 2 Januari 2024: Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak bagian Timur dan Selatan.
  • 3 Januari 2024: Kabupaten Lebak bagian Timur.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak hujan lebat, seperti banjir, longsor, genangan, dan pohon tumbang. Ia juga menghimbau masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan dalam merayakan tahun baru di tengah pandemi Covid-19. (*/Red)

LihatTutupKomentar