Polda Banten Imbau Pemudik Motor Hindari Muatan Berlebihan Demi Keselamatan

ilustrasi mudik
ilustrasi mudik

LIDIK BANTEN
- Kepolisian Daerah (Polda) Banten mengimbau para pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk tidak membawa muatan berlebihan demi keselamatan diri sendiri dan pengendara lain.

"Muatannya jangan terlalu banyak, baik orang maupun barang yang dimuat," tegas Dirlantas Polda Banten Kombes Pol. Leganek di Cilegon, Banten, Sabtu (6/4).

Baca juga: Jadwal One Way Mudik Lebaran 2024 di Tol Trans Jawa

Lebih lanjut, Leganek menjelaskan bahwa membawa muatan berlebihan pada sepeda motor dapat membahayakan pengendara karena memperlambat laju kendaraan, mengganggu keseimbangan, dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Kewaspadaan Tinggi dan Persiapan Matang

Leganek juga mengingatkan para pemudik motor untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap kendaraan lain di jalan raya. Selain itu, persiapan matang pada kendaraan sebelum mudik juga sangat penting untuk menghindari masalah di perjalanan.

"Periksa kondisi ban, rem, lampu, dan oli kendaraan. Pastikan semua dalam keadaan baik dan siap untuk perjalanan jauh," imbaunya.

Fasilitas Pos Mudik dan Istirahat

Bagi pemudik motor yang merasa lelah, Leganek mengimbau untuk memanfaatkan pos-pos mudik yang tersedia di sejumlah titik jalur mudik di Serang-Cilegon.

"Pemudik juga bisa beristirahat di pos-pos mudik yang tersedia di sejumlah titik jalur mudik di Serang-Cilegon. Karena kalau perjalanan 3 jam ke atas itu minimal tiga kali berhenti untuk istirahat," terangnya.

Kesiapan 100% Polda Banten

Leganek menegaskan bahwa Polda Banten telah siap 100% untuk melayani pemudik Lebaran tahun ini. Pihak kepolisian telah membuka posko mudik dan kesehatan yang tersebar di jalan arteri dan tol.

"Kita pastikan sudah 100 persen siap untuk melayani pemudik. Di antaranya sudah menyiapkan pospam, posyan, dan posterpadu yang tersebar di seluruh jalan tol, mulai dari tol Cikupa sampai Merak dan di jalan arteri mulai dari perbatasan Balaraja sampai Cilegon semua sudah tergelar," paparnya.

Dengan persiapan matang dan kewaspadaan tinggi, diharapkan para pemudik motor dapat melaksanakan perjalanan mudik Lebaran dengan aman dan nyaman.

/Red*

LihatTutupKomentar