Kota Tangerang Jadi Tuan Rumah Ajang Olahraga Bergengsi POPDA dan PEPARPEDA 2024

Kota Tangerang Jadi Tuan Rumah Ajang Olahraga Bergengsi POPDA dan PEPARPEDA 2024

LIDIK BANTEN
Kota Tangerang kembali didapuk sebagai tuan rumah dua ajang olahraga bergengsi tingkat Provinsi Banten. Tidak hanya Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI yang akan digelar pada 9-13 Juni 2024, Kota Tangerang juga akan menjadi tuan rumah Pekan Paralympic Pelajar Daerah (PEPARPEDA) VIII pada 2-5 Juli 2024.

PEPARPEDA adalah ajang olahraga yang khusus diadakan bagi pelajar disabilitas. Cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan pada PEPARPEDA sama dengan yang ada di POPDA, namun beberapa di antaranya membutuhkan perhatian khusus untuk menyesuaikan dengan kebutuhan para atlet disabilitas.

Ketua National Paralympic Committee (NPC) Kota Tangerang, Mohamad Subur, menjelaskan bahwa PEPARPEDA pertama kali digelar pada tahun 2010 dan sebelumnya dikenal dengan nama Pekan Olahraga Pelajar Cacat Daerah (POPCADA).

"Sudah banyak atlet muda mewakili Kota Tangerang yang telah menorehkan prestasi pada PEPARPEDA tingkat Provinsi Banten hingga nasional. Sejak awal kejuaraan ini hadir, Kota Tangerang sendiri tidak pernah absen mengirimkan atlet terbaiknya," ungkap Subur saat dihubungi pada Rabu, 22 Mei 2024.

Subur mengingatkan kembali pencapaian luar biasa yang diraih para atlet Kota Tangerang pada PEPARPEDA VII tingkat Provinsi Banten tahun 2022 yang diselenggarakan di Kota Serang. Para atlet berhasil meraih 23 medali dari berbagai cabang olahraga yang diikuti, yaitu 12 medali emas, 6 medali perak, dan 5 medali perunggu.

Salah satu atlet berprestasi, Andika Rahman, pernah meraih juara 1 pada cabor renang tunarungu di POPCADA Provinsi Banten I tahun 2010 dan kemudian meraih juara 3 tingkat nasional dalam cabor renang kelas gaya bebas 50 meter pada POPCANAS tahun 2011.

"Cabor renang masih menjadi andalan, seperti pada PEPARPEDA III dan IV tingkat Provinsi Banten ada Alya Alamsyah yang berhasil Juara 1 di cabor renang dan juara 3 di tingkat nasional kelas gaya dada 50 meter. Dan pada tahun 2018, Kurnia Mareta juga berhasil meraih juara 1 pada cabor renang," tambah Subur.

Prestasi yang diraih para atlet disabilitas ini tentunya menjadi semangat bagi pelajar Kota Tangerang untuk terus berprestasi meski dengan keterbatasan. Mari kita dukung dan sukseskan gelaran kejuaraan PEPARPEDA VIII tingkat Provinsi Banten yang akan diselenggarakan di Kota Tangerang.

LihatTutupKomentar