Operasi Keselamatan Maung 2024 Digelar di Cilegon, Ini Sasaran dan Tujuannya

ilustrasi razia polisi

Satlantas Polres Cilegon akan mengawasi pelanggaran lalu lintas dengan tilang elektronik

CILEGON - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cilegon akan menggelar Operasi Keselamatan Maung 2024 selama dua minggu, mulai dari 4 hingga 17 Maret 2024. Operasi ini akan berlangsung di seluruh wilayah hukum Polres Cilegon.

Operasi ini merupakan instruksi langsung dari Polri dan diturunkan ke Polda masing-masing agar diterapkan di setiap wilayah di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.

Kepala Unit Gakkum Satlantas Polres Cilegon, Ipda Dwi Maryanto mengatakan, pada gelaran operasi tersebut sasarannya adalah pelanggaran lalu lintas yang terlihat oleh mata.

“Seperti pengendara tidak pakai helm, tidak ada plat nomornya, knalpotnya tidak standar, mobil yang muatannya melebihi kapasitas dan lain sebagainya,” katanya kepada BantenNews.co.id, Kamis (29/2/2024).

Untuk memaksimalkan operasi tersebut, kata Dwi, petugas juga akan berkeliling mengawasi pengguna jalan yang kedapatan melanggar lalu lintas.

“Jadi nanti kalau kita melihat ada pelanggaran, nanti kita foto dan foto itu dimasukkan dalam daftar tilang elektronik. Jadi tidak ada tilang manual, semua dimasukkan dalam tilang elektronik atau ETLE. Istilahnya handheld,” ujarnya.

Dwi mengungkapkan, tujuan dari Operasi Keselamatan Maung 2024 ini yakni untuk menekan jumlah pelanggaran lalu lintas dan angka kecelakaan pengguna jalan.

“Kepada seluruh masyarakat, khususnya di Kota Cilegon dimohon untuk mentaati aturan lalu lintas demi kenyamanan dan keselamatan saat berkendara,” ungkapnya. (*/Red)

LihatTutupKomentar